Alter Ego (Pros)

   

  Alter ego adalah rasa egois yang lain, kata Alter berasal dari kata "Alternative." atau berarti pilihan lain. dalam arti dasar Alter ego juga berarti rasa ego yang tidak diperlihatkan, karena menjadi pilihan kedua untuk menyikapi sesuatu. mengapa menjadi pilihan kedua? karena Alter ego adalah pemikiran pertama kita yang cenderung sembrono, tanpa berpikir panjang, Alter ego sesungguhnya, adalah ego kita yang sebenarnya. namun menjadi alter karena kita sudah belajar tentang sosialisasi dan hubungan antara orang-orang dilingkungan kita sendiri. jadi kita berpikir lagi "apakah benar yang akan kita katakan? apkah benar sikap kita? dan apakah akibat dari sikap kita?". hal tersebut menjadikan kita menundukan ego kita yang sebenarnya karena cenderung sembrono, dan menjadikannya Alter ego.

  Apa yang menjadi penentu alter ego? alter ego adalah reaksi yang spontan dari otak, namun bila kita tidak langsung menjalankan sikap itu, perasaan kita akan bergerak, dan membuat kita berpikir kembali. otak itu seperti multiverse, ada banyak yang orang-orang yang tidak tahu akan diri kita sendiri, bahkan diri kita pun tidak mengetahui seberapa banyaknya. kenapa banyak ide-ide cerdas yang muncul lalu hilang dengan cepat? ada ego lain yang membuat kita lupa, seperti saat kita sangat bersemangat akan sesuatu hal.

  Contohnya saat kita masih TK, cita-cita kita ingin menjadi astoronot, lalu saat SD ditanya apa cita-citamu? "saya ingin jadi astronot!" kita menjawab dengan lantang, saat SMP kita ditanya lagi, apa cita-cita kita "Saya ingin jadi pengusaha!", dan saat SMA "Saya ingin jadi...jadi....jadi apaan aja dah haha.", dan mereka bingung saat mendaftar di perguruan tinggi. karena mereka harus memilih jurusan. banyak faktor persuasi dan faktor peluang tentang kesuksesan dan masa depan, anak itu pun melenceng dari cita-citanya menjadi astronot. dan ego yang sembrono itu pun terkubur karena peluang untuk menjadi astronot sangat kecil dan sulit, namun bukan berarti tidak mungkin. siapa tahu kalau dia tidak mandengar kata orang yang mengatakan "itu ga mungkin, lu harus..bla..bla..bla", dia bisa menjadi astronot kelak. siapa yang tahu?

  Contoh lainnya seperti saat kita buang air besar dikamar ,mandi, dan mulai bermunculan inspirasi, dan saat kita keluar dari kamar mandi, inspirasi itu menghilang. mungkin itu kerja dari alter ego, atau dari ego kita yang selama ini kita tunjukkan, sehingga membuat ego kita yang sebenarnya menjadi lemah?

  Entah ego mana yang benar, namun masing-masing ego pasti ada orang yang mampu memakluminya. tergantung cara kita memilih dan menyikapi ego kita yang sebenarnya, dan jangan takut untuk ber-ego, jangan takut memilih jalanmu sendiri, jangan mau dicuci otak, karena hidup ini terlalu singkat hanya untuk mengalah pada keadaan. jadilah diri sendiri, karena orang hanya iri ketika kamu berbeda, sedangkan mereka hanya bisa mengalah akan keadaan.

Ujung-ujungnya tetap saja, hidup itu pilihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Burung.